Sunday, May 14, 2017

Ulasan tentang Cloud Computing

Pada tulisan kali ini, saya akan mengulas video tentang cloud computing yang berjudul "Cloud Computing Fundamentals". Video ini diunggah oleh kanal SUSE pada tanggal 17 Desember 2015. Tercatat pula, ketika tulisan ini dibuat, sudah ditonton lebih dari 8000 kali.

Menurut video ini, cloud computing adalah sebuah model yang memberikan kemudahan akses secara cepat dari mana saja terhadap sumber daya komputasi bersama. Sumber daya yang dimaksud adalah seperti server, storage, app, networking, dsb. Model ini memiliki 5 karakteristik, yaitu: On-Demand Self-Service, Broad Network Access, Resource Pooling, Rapid Elasticity, dan Metering.

Biasanya pelanggan memilih satu dari tiga pilihan untuk cloud deployment mereka, yaitu secara private, public atau hybrid. Melalui pilihan tersebut, pelanggan dapat memilih 3 jenis layanan, yaitu SaaS (Software as a Service), PaaS (Platform as a Service), atau IaaS (Infrastructure as a Service). Semua layanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Menurut saya, video ini sudah cukup baik dalam penyajiannya. Dapat dilihat dari berbagai ilustrasi yang terdapat di dalam video tersebut. Video ini cukup bagus untuk orang-orang yang ingin mengerti secara dasar apa itu cloud computing.

Github Account : gilangmlr
URL Ulasan : https://gilangmlr-os171.blogspot.com/2017/05/ulasan-tentang-cloud-computing.html
URL Video : https://youtu.be/uroryFU78gM
Video Author : SUSE
Pemetaan: week10
Revisi Pertama: 15 Mei 2017
Revisi Terakhir: 15 Mei 2017

No comments:

Post a Comment